SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Aksi Bersama dalam Clean Up Day dan Pengenalan Program Green Cycle Ecotourism untuk Pariwisata Berkelanjutan

Sebagai upaya untuk mendorong kesadaran kebersihan lingkungan dan juga mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan, Greeneration Foundation bersama EmviTrust berkolaborasi dengan Benih Baik dan Grab melaksanakan kegiatan Clean Up Day dan Diseminasi Green Cycle Ecotourism. 

Diseminasi Green Cycle Ecotourism 


Clean Up Day menjadi rangkaian acara pertama yang dilaksanakan pada Minggu, 22 September 2024 yang diikuti oleh 44 orang partisipan dan dilakukan secara mobilisasi dari Lapangan Pancer hingga pantai konservasi Cemara Pancer. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian upacara adat dan festival “Petik Laut” yang dihadiri oleh Bupati Banyuwangi serta masyarakat Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Total sampah anorganik yang terkumpul dari acara tersebut yakni sebanyak 214 kg. Dengan terlaksananya kegiatan Clean Up Day, harapannya dapat menjadi pemantik masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar.


 Rangkaian acara ini Dilanjut dengan kegiatan Diseminasi Green Cycle Ecotourism pada hari Senin, 23 September 2024 di Pendopo Pantai Cemara Pancer yang dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Banyuwangi, Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi, serta Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi. Kegiatan ini, merupakan salah satu usaha untuk melakukan penyebaran informasi dan pemahaman mengenai program ekowisata melalui pengelolaan sampah yang berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat, pelaku usaha pariwisata dan pemangku kepentingan lainnya melalui diseminasi. 



Salah satu praktik ekowisata yang dilaksanakan yakni membuat Pengelolaan Sampah Berkelanjutan dengan menghadirkan Sentra Kelola Sampah (SEKOLA) yang juga menghasilkan berbagai produk antara lain; Ecobrick, Roster, Maggot Kering, Bio Slurry, Kompos dan Kasgot. Kehadiran produk-produk tersebut dapat menjadi peluang baru bagi warga sekitar Dusun Pancer Banyuwangi maupun wilayah lain di sekitar Kabupaten Banyuwangi karena memiliki nilai jual yang bisa dimanfaatkan. 


Hal ini juga disampaikan oleh Yoga Ananta, SP.,M.Tr.P., Dinas Pertanian dan Pangan. “Isu terhadap lingkungan biasanya sosial, ekonomi, dan perubahan iklim. Dari bio slurry kami support kegiatannya dengan prinsip “food, feed, fertilizer” sehingga menjadi zero waste. Kami juga support dari segi infrastruktur dengan pemberian bantuan peralatan pertanian rendah karbon. Ada bantuan berupa bantuan penyuluhan sebulan sekali untuk kelompok tani, “youth employment.”


Kemudian, untuk mendapatkan saran dan masukan dari warga sekitar, EmviTrust selaku pelaksana dan pengelola SEKOLA mengadakan sesi Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan untuk mengakomodasi tim Emvi Trust dalam mengembangkan produk SEKOLA berdasarkan saran, harapan, dan pendapat dari berbagai aspek. Terdapat juga beberapa tanggapan dari warga yang sudah merasakan manfaat, salah satunya menurut Sumardi “untuk bio slurry dari EmviTrust, ketika digunakan untuk penyemaian cabai hasilnya bagus, bisa bertahan saat kemarau panjang dan sudah menggunakan sekitar 3 bulan.” 


Tentunya, kegiatan FGD tersebut sebagai pertanda bahwa kegiatan yang dilakukan, tidak lepas dari kolaborasi multi pihak yang dilakukan seperti yang disampaikan oleh Agus, Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi. “Berterima kasih kepada tim yang sudah berkolaborasi. Harapannya bisa ikut menjaga dan melestarikan lingkungan secara bersama-sama untuk support kegiatan-kegiatan green ecotourism. Acara ini menjadi kegiatan penting bagi daerah wisata di Banyuwangi. DLH berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk memajukan wisata di Banyuwangi-Bali. Pesannya tanggung jawab menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi kita semua.”


Melalui berbagai inisiatif yang telah dilakukan oleh Greeneration Foundation bersama EmviTrust berkolaborasi dengan Benih Baik dan Grab menjadi salah satu momentum kolaborasi untuk mengajak masyarakat agar saling berkolaborasi demi menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Jika Generasi Hijau tertarik untuk bekerja sama dan memberi dampak baik bagi lingkungan bisa langsung menghubungi kami di partnership@greeneration.org. Upaya kolektif yang dilakukan bersama dapat menjadi kunci untuk membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Dari Generasi Hijau untuk Masa Depan Hijau!