SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Holikopter US Army Komplain Terkena Laser Saat Melintas di Wilayah Giri Banyuwangi

Dalam rangka mendukung kelancaran dan keselamatan latihan gabungan multinasional Super Garuda Shield (Latgabma SGS) 2024 yang tengah berlangsung, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz, M.Tr.Opsla memberikan himbauan kepada masyarakat diwilayah Kecamatan Giri dan sekitarnya untuk tidak menggunakan atau memainkan laser yang diarahkan ke udara, terutama ke arah penerbangan helikopter militer. Kamis (22/8/2024).

helikopter US Army


Himbauan ini dikeluarkan setelah adanya komplain dari penerbang US Army terkait penggunaan laser oleh warga yang mengganggu penerbangan helikopter mereka saat uji coba penerbangan. Laser yang diarahkan ke kokpit helikopter dapat menyebabkan gangguan serius pada pilot, berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan.


Danlanal Banyuwangi telah meminta Camat Giri, Kapolsek Giri, para Lurah, dan Kepala Desa untuk segera menyampaikan informasi ini kepada masyarakat setempat. Diharapkan partisipasi aktif seluruh warga untuk menjaga keselamatan dan kelancaran latihan militer ini dengan tidak menggunakan atau memainkan laser selama kegiatan penerbangan berlangsung.


Pada kesempatan tersebut Danlanal Banyuwangi menjelaskan "Keselamatan penerbangan adalah prioritas utama kami. Laser yang diarahkan ke udara dapat menyebabkan risiko yang sangat serius bagi penerbang. Kami meminta pengertian dan kerja sama dari seluruh masyarakat untuk memastikan Latgabma SGS dapat berlangsung dengan aman dan sukses", ujarnya.


Lebih lanjut Danlanal menerangkan bahwa Latgabma Super Garuda Shield merupakan latihan gabungan yang melibatkan berbagai negara, termasuk Indonesia dan Amerika Serikat, untuk meningkatkan kerja sama militer dan kesiapan dalam menghadapi berbagai ancaman. Latihan ini akan berlangsung di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di sekitar Banyuwangi.


"terima kasih kepada seluruh masyarakat atas perhatian dan kerja sama yang diberikan dalam menjaga keamanan dan keselamatan bersama selama kegiatan ini berlangsung", pungkas Danlanal Banyuwangi.


#isunbanyuwangi #banyuwangi #supergarudashield2024 #supergarudashield