SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Sempat Diguyur Hujan, Tak Hentikan Ritual Seblang Bakungan 2024

Ritual mistis Seblang Bakungan 2024 sukses digelar. Tradisi yang berlangsung selama ratusan tahun ini kembali digelar oleh masyarakat Using Banyuwangi. Ritual tahunan ini diselenggarakan di depan Balai Sanggar Seblang, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah. Minggu, (23/6/2024).

Seblang Bakungan 2024


Sempat diguyur hujan beberapa waktu, namun ritual Seblang Bakungan tetap berjalan dan hujan pun mereda. Penonton pun sangat antusias saat menonton seblang.


Seblang Bakungan merupakan sebuah tarian magis yang dibawakan oleh seorang wanita paruh baya dalam kondisi trans atau kehilangan kesadaran. Tariannya yang penuh energi dan diiringi alunan musik tradisional Banyuwangi ini selalu menjadi daya tarik bagi para pengunjung.


Tahun ini, Seblang Bakungan ditarikan oleh Mbah Isni (52 tahun), yang baru pertama kali ditunjuk leluhur untuk meneruskan menjadi penari Seblang Bakungan dan sekaligus menggantikan penari sebelumnya, yakni mbah Isah yang fisiknya sudah tidak memungkinkan lagi untuk menarikan ritual Seblang Bakungan. Rangkaian acara Seblang Bakungan akan dimulai sejak tanggal 20 Juni dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya.


Ketua Adat Seblang Bakungan Heru Purwoko menyampaikan, seblang ini sudah turun temurun dari leluhur kami.


"Kami menjaga adat dan tradisi ini supaya terus lestari. Tujuan kita menggelar tradisi bersih desa ini tentu salah satunya sebagai ucapan rasa syukur kami." kata Heru Purwoko.


Sementara itu, Bupati Banyuwangi berharap, Kelurahan Bakungan dilindungi dan dikabulkan segala hajat masyarakat. Ini merupakab bentuk pelestarian budaya yang sudah ada sejak nenek moyang.


"Pelestarian ini harus regenerasi kepada anak-anak muda. Anak mendapatkan edukasi sejarah bagaimana Seblang Bakungan diadakan setiap tahunnya dengan tujuan mulia. Semoga setiap tahun selalu berlanjut. Semoga perputaran ekonomi pada UMKM yang berjualan juga mendapatkan keuntungan.


Puncak acara Seblang Bakungan dimulai dengan pembacaan mantra dan doa, kemudian seblang dirasuki roh leluhur dan menari dengan mengikuti irama gending yang mengiringinya. Tarian ini berlangsung semalam, diiringi puluhan gending khas Seblang Bakungan Banyuwangi.


Sebelum ritual Seblang Bakungan dimulai, diadakan tumpengan bersama warga di sepanjang jalan menuju Bakungan. Acara ini diawali dengan pawai oncor (obor) keliling desa (ider bumi). Di bawah temaram api obor, warga desa akan makan tumpeng bersama di sepanjang jalan desa.


Seblang Bakungan merupakan salah satu tradisi unik dan menarik yang dimiliki oleh masyarakat Kelurahan Bakungan, Banyuwangi. Tradisi ini tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan terhadap leluhur dan upaya untuk menjaga kelestarian budaya Using.