SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Presentasi Kostum BEC 2024 Tahap Pertama Sukses Digelar. Potensi Desa Makin Dikenal

Sebanyak 130 peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 telah mempresentasikan kostum dengan tema yang telah ditentukan. BEC tahun ini mengusung tema “Ndaru Deso, Revival of Village”. Mereka semua kini memasuki tahap penjurian yang dilaksanakan di area Agrowisata Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi. Kamis, (27/06/2024).

peserta BEC 2024


Tahun ini, Banyuwangi akan kembali menggelar pagelaran BEC pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 beserta rangkaian acaranya. Melalui BEC, terlahir sebuah bentuk transformasi budaya tradisional ke dalam bentuk-bentuk baru yang lebih menarik untuk dinikmati.


Para dewan juri dihadirkan secara khusus dengan sesuai kategori penilaian. Mereka para dewan juri tersebut adalah Bambang Lukito, John A Rahmatullah, Sukirno Fajar, Almira, Ariska Ayu Citra.


Selain memberikan penilaian, para dewan juri juga memberikan arahan mengenai apa yang dianggap belum maksimal, hal ini tentu untuk mencapai suatu peragaan busana kostum yang baik.


Satu persatu sub-tema diperagakan oleh peserta. Mulai dari Warisan Budaya, Keindahan Alam, Atraksi Desa, Kuliner, Ekonomi Kreatif, Inovasi Tekhnologi, dan Umum. Semua diperagakan secara bagus oleh peserta BEC 2024.


Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ainur Rofiq memberikan selamat kepada seluruh peserta BEC tahun 2024 ini. Ia berpesan kepada seluruh pendamping dan tim yang terlibat, apa yang telah dewan juri berikan masukan untuk dilakukan sebaik mungkin demi memaksimalkan ketika memasuki presentasi ke-2 pada tanggal 9 Juli 2024 nanti.


"Tadi para dewan juri memberikan beberapa arahan, mohon untuk dilakukan sebaik-baiknya. Karena arahan dari para dewan juri tersebut merupakan kunci dari kesuksesan para peserta semua untuk mendapatkan nilai yang sempurna." kata Ainur.


Pada penyelenggaraan BEC yang ke-12 tahun 2024 ini, start parade akan di mulai di kawasan Alun-alun Taman Blambangan dan finish di depan kantor Kecamatan Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 2 km.


Pagelaran BEC tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan ada rangkaian acara yang dimulai dari tanggal 10-14 Juli 2024. Bersiaplah untuk terpesona dengan berbagai acara menarik. Berikut jadwal rangkaian kegiatannya:


• 10-14 Juli: Creative Expo di Lorong Bambu Gesibu Blambangan, menampilkan berbagai produk kreatif dan UMKM lokal.


• 11-12 Juli: Srawung Seni di Gesibu Blambangan, pertunjukan seni dan budaya tradisional Banyuwangi dan luar daerah yang memukau.


• 13 Juli: Grand Carnival BEC di Jl. Dr. Soetomo, Taman Blambangan, puncak acara dengan parade kostum spektakuler dari berbagai desa di Banyuwangi.


• 14 Juli: Awarding BEC di Gesibu Blambangan, malam penghargaan bagi para peserta BEC 2024.


Tak hanya itu, para penyanyi fenomenal seperti Wandra Restusiyan, Suliyana dan Kezya Filano (DAcademy 5) pun siap mengguncang panggung showtime BEC 2024.