SOROTAN

6/recent/ticker-posts

Bandara Banyuwangi Raih Sertifikasi Bandara Ramah Lingkungan Pertama di Indonesia

Bandara Banyuwangi meraih sertifikasi Greenship Net Zero Healthy Ready (NZH) dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Bandara Banyuwangi menjadi bandara pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat NZH.

Bandara Banyuwangi


GBCI adalah lembaga yang berwenang menyelenggarakan sertifikasi bangunan hijau di Indonesia. GBCI merupakan lembaga nirlaba yang berkomitmen mendorong terciptanya gedung-gedung hijau ramah lingkungan, dan bagian dari World Green Building Council yang berpusat London.


Eksekutif General Manager (EGM) Bandara Internasional Banyuwangi, Johan Seno Acton mengatakan, sertifikat ini diterima oleh Direktur Engineering PT Angkasa Pura II di Jakarta pada November 2023 lalu.


"Dengan diterimanya sertifikasi Greenship NZH ini, semakin menegaskan konsep green building yang sejak awal diterapkan oleh bandara yang dirancang arsitek nasional, Andra Matin," kata Johan.


Disebutkannya ada sejumlah aspek penilaian, antara lain: Aspek kesehatan dan kenyamanan (Health & Comfort), yang terdiri atas kenyamanan termal (panas) dalam ruang dan pergantian udara ruangan. Aspek penilaian lainnya adalah efisiensi energi dan konservasi, yang meliputi sistem tata cahaya dalam ruang, sistem tata udara dalam ruang dan upaya reduksi emisi karbon.


Johan menambahkan sertifikasi GREENSHIP NZH yang telah diraih Bandara Banyuwangi ini akan digunakan sebagai percontohan bagi bandara lain di Indonesia.


Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya atas capaian ini. Bupati Ipuk menjelaskan bahwa pemkab sejak awal telah merancang pembangunan Bandara Banyuwangi dengan konsep bangunan hijau sekaligus mengangkat arsitektur lokal.


"Konsep yang diterapkan Pemkab Banyuwangi ini, akhirnya membawa Bandara Banyuwangi memenangi kompetisi bergengsi arsitektur internasional, The Aga Khan Award for Architecture 2022, menyisihkan 463 nominasi bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia," kata Ipuk.


Ipuk berharap, keberhasilan Bandara Banyuwangi meraih sertifikasi Greenship NZH ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh pihak untuk terus berkomitmen dalam pembangunan berkelanjutan.